AS Pamer Rudal Balistik Lintas Benua – Palu Ekspres
Internasional

AS Pamer Rudal Balistik Lintas Benua

PALU EKSPRES, WASHINGTON – Angkatan Udara (AU) Amerika Serikat (AS) menguji coba Minuteman III, di tengah ketegangan Semenanjung Korea, kemarin.

Uji coba rudal balistik lintas benua alias intercontinental ballistic missile (ICBM) itu adalah agenda rutin. Namun, kali ini uji coba tersebut menjadi sorotan dunia.

”Itu uji coba rutin. Kami tidak bermaksud unjuk gigi atau menyaingi kekuatan militer Korea Utara (Korut),” tegas Joe Thomas, juru bicara Global Strike Command, kepada media.

Dia menyatakan, AS melakukan uji coba ICBM empat kali tiap tahun. Sebelumnya, perhatian masyarakat global terhadap uji coba rutin ICBM Negeri Paman Sam tidak pernah sebesar sekarang.

Kemarin (3/5) ICBM yang melesat sekitar 6.700 kilometer dari titik luncurnya di Negara Bagian California itu jatuh di dekat pulau karang Kepulauan Marshall di Samudra Pasifik.

Di pulau tersebut, AS memiliki fasilitas militer yang memang khusus menjadi lokasi uji coba rudal. Thomas mengatakan, ICBM yang diujicobakan pada pagi, pukul 07.20 waktu setempat, itu tidak mengusung hulu ledak apa pun.

Prev1 of 3

Click to comment

BERITA POPULER

To Top