APBD Sulteng Tembus Rp1 Triliun – Palu Ekspres
Daerah

APBD Sulteng Tembus Rp1 Triliun

PIMPIN RAPAT - Gubernur Sulteng H Longki Djanggola memimpin langsung Rapat Tepra bulan Mei, Senin 19 Juni 2017 di Kantor Gubernur Sulteng. FOTO HUMAS PEMPROV

PALU EKSPRES, PALU – Rapat tim evaluasi dan pengawasan realisasi anggaran (TEPRA) dan pelaksanaan program dan kegiatan lingkup Pemprov Sulteng kembali digelar, Senin 19 Juni 2017 di kantor Gubernur Sulteng.

TEPRA kali ini membahas program kegiatan dan anggaran sampai dengan 31 Mei 2017. Rapat dipimpin langsung Gubernur Sulteng H Longki Djanggola dan Plt Sekprov Derry B Djanggola didampingi Asisten Perekonomian dan pembangunan, Asisten Pemerintahan dan Kesra dan Kepala Biro Adm Pembangunan dan SDA, Yanmart Nainggolan, Selaku Sekretaris TEPRA Sulteng.

Menurut Yanmart, realisasi keuangan per 31 Mei 2017 yakni Rp1,0triliun lebih. Atau terealisasi 28.86persen dari total APBD sebesar Rp3.6triliun lebih. “Target realisasi sebesar 28persen atau terdapat realisasi positip sebesar 0.86persen,”jelas Yanmart.

Realisasi fisiknya sebut Yanmart mencapai sebesar 29,15 persen dari target 29,15 persen. Menurutnya terdapat deviasi positif 0,15 persen dari realisasi fisik tersebut.

Selanjutnya realisasi belanja tidak lansung sebesar Rp733.5 juta dari total sebesar Rp2,5 miliar lebih. Pada belanja langsung sebesar Rp302 juta lebih dari total belanja Rp1.3 miliar.

Persentase realisasi Keuangan hingga Mei kata Yanmart meningkat sebesar 12,45 persen dari capaian bulan april hanya sebesar 16,41 persen.

Capaian yang signifikan ini disebabkan belanja tidak langsung (PPKAD) terealisasi sebesar Rp220.2 miliar lebih. Juga terdapat pada 30 OPD yang capaiannya meningkat diatas 9 persen dari bulan lalu khususnya Dinas Bina Marga dan PR.

Terakhir yanmart menyampaikan hal – hal yang menjadi perhatian Pemerintah Daerah didalam pelaksanaan anggaran termasuk surat Menteri Dalam Negeri tentang pelaksanaan Transaksi Non tunai pemerintah daerah, sehingga seluruh OPD dapat mempersipakan sedini mungkin dalam penerapan Transaksi non tunai.

Olehnya setiap ASN dan Pegawai Kontrak sudah membuka rekening pada Bank Sulteng. Gubernur Sulteng H Longki Djanggola mengapresiasi capaian itu. Menurutnya pertumbuhan pembangunan Sulteng selalu menjadi contoh secara nasional yang telah disebut Presiden RI Jokowidodo pada setiap Rapat.

“Presiden menyebut contohi pertumbuhan Sulteng yang bisa dipertahankan dan realisasi anggaran selalu 95persen. Saya bangga dengan itu dan semua atas hasil kerja keras kita semua,”kata Longki.

Longki berharap seluruh OPD mempertahankan kinerjanya dan kinerja anggaran yang semuanya harus sesuai dengan ketentuan yang ada.

(Humas)

Click to comment

BERITA POPULER

To Top