Anwar Hafid-Chaeruddin Zen, Dulu Lawan, Kini Kawan – Palu Ekspres
Daerah

Anwar Hafid-Chaeruddin Zen, Dulu Lawan, Kini Kawan

TIDAK ADA MUSUH POLITIK YANG ABADI - Syarifuddin Hafid dan Haeruddin Zen (SH) di Sekertariat DPD Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Sulteng di Jalan Ahmad Yani Kecamatan Palu Timur, Minggu 30 Juli 2017.

PALU EKSPRES, PALU – Tidak kawan maupun lawan yang abadi dalam dunia politik. Yang abadi adalah kepentingan. Begitulah kira-kira jika melihat rivalitas politik yang pernah terbangun antara Anwar Hafid dengan Chaeruddin Zen selama satu dekade.

Pada suksesi kepemimpinan di 2007, dimana Anwar Hafid berpasangan dengan SU Marunduh, berhasil mengumpulkan suara terbanyak dari para saingan politiknya, termasuk pasangan Chaeruddin Zen-Aminullah BK yang diusung oleh Partai Kebangkitan Bangsa, Partai Persatuan Pembangunan dan Partai Bintang Reformasi.

Kala itu, perolehan suara Anwar Hafid-SU Marunduh yang diusung oleh Partai Damai Sejahtera (PDS), Partai Buruh Sosial Demokrat (PBSD) dan Partai Bulan Bintang (PBB) meraih 26.271 suara atau 25,76 persen. Sedangkan pasangan Chaeruddin Zen-Aminullah BK mengumpulkan 25.965 suara atau 25,46 persen.

Rivalitas politik antara Anwar Hafid dengan Chaeruddin Zen kembali tersaji di Pilkada Morowali 2012. Anwar Hafid yang kembali berpasangan dengan SU Marunduh menjadi saingan politik Chaeruddin Zen yang berpasangan dengan dr Delis. Namun pertarungan tersebut kembali dimenangkan incumbent Anwar Hafid.

Kini, jelang Pilkada serentak 2018 di Morowali, rivalitas tersebut sudah mencair. Dinasti politik Anwar Hafid yang diwakili Syarifuddin Hafid membangun kesepakatan dengan Chaeruddin Zen untuk berduet, ikut dalam suksesi kepemimpinan di Kabupaten Morowali.

Syarifuddin Hafid yang merupakan adik kandung Anwar Hafid tersebut didorong sebagai bakal calon (Balon) Bupati sedangkan Chaeruddin Zen sebagai Balon Wakil Bupati.

Prev1 of 3

Click to comment

BERITA POPULER

To Top