Antisipasi Longsor saat Mudik, Semua Alat Berat Stand By di Tempat – Palu Ekspres
Daerah

Antisipasi Longsor saat Mudik, Semua Alat Berat Stand By di Tempat

PALU EKSPRES, PALU – Cuaca ekstrem yang mengakibatkan curah hujan tinggi disertai longsor membuat, Komisi V DPR RI ”memaksa” Kementerian PUPR dan jajarannya tidak lengah, sekalipun kondisinya puasa ramadan.

Hal ini dikemukakan Wakil Ketua Komisi V DPR RI Muhidin M Said, terkait antisipasi arus mudik lebaran 2017.

“Kami meminta Menteri PUPR, menyiapkan alat beratnya di semua titik rawan di jalur jalan nasional jika sewaktu-waktu terjadi longsor yang mengganggu kelancaran arus mudik,” ungkap Muhidin Said kepada Palu Ekspres, Rabu (14/6).

Pihaknya ingin memastikan arus mudik berjalan lancar sehingga tidak menghambat warga merayakan Idul Fitri 2017. Soal bencana di sejumlah ruas jalan nasional ungkap Muhidin, pihaknya terus berkoordinasi baik dengan Dirjen di Kementerian PUPR maupun pihak Balai Pelaksanaan Jalan Nasional XIV Palu di Palu.

Muhidin mengaku, terus memonitoring dan memastikan proses perbaikan jalan berjalan baik dan bisa diakses oleh pemudik.

“Saat ini perbaikan terus berlangsung dan diharapkan mudik lebaran tidak terganggu,” katanya. Di wilayah Morowali kata dia, dimana terdapat jembatan putus, di sana konstruksi jembatan masih darurat namun demikian, kendala tersebut bisa diatasi secepatnya.

Sementara itu, Gubernur Sulteng Longki Djanggola mengingatkan, para pemudik untuk hati-hati. Khususnya pengusaha mobil maupun angkutan pribadi untuk meningkatkan kewaspadaan.

“Ingat kemungkinan jalan yang dilalui longsor, bawa perlengkapan darurat selama perjalanan,” ujarnya mengingatkan. Pemudik sambung Longki tidak perlu memaksakan diri jika kondisi jalan yang tidak memungkinkan untuk dilalui.

Terkait jalan yang longsor, Dinas Bina Marga kata dia sudah berada di lokasi untuk membersihkan material dan diharapkan kondisi jalan bisa diakses saat mudik maupun arus balik.

(kia/Palu Ekspres)

 

BERITA POPULER

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!