Amankah Konsumsi Kopi jika Anda Hipertensi? – Palu Ekspres
Kesehatan

Amankah Konsumsi Kopi jika Anda Hipertensi?

PALU EKSPRES, JAKARTA – Anda adalah penderita hipertensi namun di sisi lain Anda juga penggemar berat minuman kopi, haruskah Anda khawatir?

Menurut Mayo Clinic, konsumsi kafein yang didapat dari meminum kopi dapat menyebabkan peningkatan dramatis pada tekanan darah, bahkan pada mereka yang tanpa hipertensi.

Beberapa peneliti berpendapat bahwa kafein bertanggungjawab terhadap pembatasan hormon yang berfungsi dalam menjaga pembuluh darah arteri agar tetap melebar dan melancarkan aliran darah.

Lainnya juga berpendapat bahwa kafein dapat memicu kerja kelenjar adrenal untuk melepas lebih banyak adrenalin yang secara otomatis berdampak pada peningkatan tensi pada darah.

Namun memang bagi tubuh mereka yang sudah terbiasa mengkonsumsi kopi, dapat membangun toleransi terhadap kafein dan tidak memberikan efek jangka panjang terhadap tubuh, dibandingkan mereka yang tidak minum kopi.

Namun perlu dicatat bahwa teramat penting untuk berkonsultasi dengan dokter tentang apakah Anda harus membatasinya atau berhenti mengkonsumsinya sama sekali.

Jika Anda memiliki alat tensi darah, Anda dapat memastikan dengan cara merekam aktifitas tekanan darah setiap kali Anda mengkonsumsi minuman favorit Anda setiap 30 hingga 120 menit mengkonsumsinya. Jika Ada peningkatan 10 poin dari tensi darah Anda usai mminum kopi, maka opsi terbaik Anda adalah membatasi konsumsi harian kopi hingga 200 miligram per harinya.

Konsultasi langsung dengan dokter sangat dianjurkan untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, resiko stroke, serangan jantung, kerusakan ginjal dan mata adalah beberapa bahaya yang siap menghampiri Anda ketika membiarkan kondisi ini tanpa kontrol yang rutin.

(ruf/fajar)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

BERITA POPULER

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!