Aksi Kekerasan Senior ke Junior, DPR Khawatirkan Anaknya di Akpol – Palu Ekspres
Olahraga

Aksi Kekerasan Senior ke Junior, DPR Khawatirkan Anaknya di Akpol

PALU EKSPRES, JAKARTA – Kekerasan kembali terjadi di Akademi Kepolisian, Semarang, Jawa Tengah. Seorang calon perwira, Muhammad Adam tewas diduga dianiaya oknum seniornya. Dewan Perwakilan Rakyat turut prihatin sekaligus khawatir dengan peristiwa itu. Jika tidak ditindak tegas, dikhawatirkan kejadian yang sama terulang lagi.

“Banyak anak-anak anggota DPR itu ada yang di Akpol itu was-was. Jadi, kebimbangan, kerisauan ini terjadi di Akpol saat ini,” kata anggota Komisi III DPR Muslim Ayub di gedung parlemen, Senayan, Jakarta, Jumat (19/5).

Dia berharap Kapolri Jenderal Tito Karnavian menindak tegas oknum yang terlibat dalam kasus ini.

“Barangkali ini kesalahan tidak sengaja, tapi ini kan menyebabkan korban,” katanya.

Muslim mengatakan, ini juga merupakan tanggung jawab Gubernur Akpol Irjen Anas Yusuf yang tidak jeli melakukan pengawasan terhadap orang-orang yang menjadi tanggung jawabnya untuk diawasi. Muslim tidak sepakat dengan alasan karena peristiwa terjadi di luar jam dinas sehingga luput dari pengawasan.

“Itu masuk tanggung jawab dan wilayah mereka,” tegas politikus Partai Amanat Nasional, itu.

Menurut Ayub, tidak ada sistem pendidikan di Akpol itu yang membenarkan kekerasan. Meskipun alasannya untuk membentuk kedisiplinan. Dia mengatakan, kekerasan ini sudah seperti budaya karena itu harus dihentikan.

“Ini kebiasaan yang dijalankan dan tradisi ini harus dihapuskan,” katanya.

Menurut dia, tidak perlu ada kekerasan dengan alasan apa pun. Termasuk untuk latihan fisik.

“Kalau latihan fisik, kenapa dipukul, digebuk junior-juniornya itu? Tradisi ini wajib ditinggalkan, tidak boleh lagi ada pemukulan,” ujarnya.

Muslim pun mengimbau, junior dan senior harus saling menghormati serta menghargai. Komisi III DPR memastikan akan berkunjung ke Akpol Semarang, Kamis 24 Mei 2017.

Sebelumnya, komisi yang membidangi hukum itu akan menggelar rapat kerja dengan Kapolri Tito pada Selasa 22 Mei 2017. Berbagai hal akan disampaikan kepada Kapolri, termasuk peristiwa yang terjadi di Akpol Semarang.

(boy/jpnn)

Click to comment

BERITA POPULER

To Top