Abdullah ke Kendari, Ini Pimpinan Baru Kemenag Sulteng – Palu Ekspres
Daerah

Abdullah ke Kendari, Ini Pimpinan Baru Kemenag Sulteng

Dr. Rusman Langke

PALU EKSPRES, PALU – Pucuk pimpinan di Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Agama (Kemenag) Provinsi Sulteng berganti. Hal ini setelah Menteri Agama RI, Lukman Hakim Saifuddin melantik Dr. H. Rusman Langke sebagai Kepala Kanwil Kemenag Sulteng yang baru, menggantikan H. Abdullah Latopada, di Jakarta, Senin 9 April 2018.

Rusman Langke sebelumnya menjabat sebagai Kepala Kanwil Kemenag Provinsi Gorontalo. Sedangkan Abdullah Latopada dilantik menjadi Kepala Biro Administrasi, Umum, Akademik dan Kemahasiswaan pada Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Sultan Qoimuddin Kendari Provinsi Sulawesi Tenggara.

“Iya (Kakanwil) sudah diganti, oleh Dr. Rusman dari Kanwil Kemenag Gorontalo. Pelantikannya tadi siang (kemarin-red). Untuk waktu serah terimanya, kita belum dapat informasi,” kata Kepala Subbag Informasi dan Humas Kanwil Kemenag Sulteng, H. Akbar Sidik, saat dikonfirmasi melalui telepon, Senin (9/4).

Selain Rusman dan Abdullah, pada kesempatan yang sama Menteri Agama melantik beberapa pejabat eselon II lainnya, yakni Kudrat Dukalang sebagai Kepala Kanwil Kemenag Provinsi Gorontalo, Khaeroni sebagai Kepala Biro AUAK Institut Agama Islam Negeri Salatiga, Suleman sebagai Kepala Biro AUAK IAIN Manado, Janus Pangaribuan sebagai Kepala Biro AUAK Institut Agama Kristen Negeri Tarutung, dan Urbanus Rahangmetan sebagai Kepala Biro AUAK Institut Agama Kristen Negeri Ambon.

Menanggapi pergantian pimpinan ini, Kepala Kantor Kemenag Kota Palu, H. Ma’sum Rumi menyebutkan bahwa pergantian tugas tersebut adalah bagian dari amanah, yang merupakan proses pengabdian kepada masyarakat.

“Proses itu adalah hal biasa. Tentunya kami mengucapkan terima kasih kepada Pak Abdullah, atas pengabdian beliau selama ini menjadi Kepala Kanwil di Sulteng. Semoga Kakanwil yang baru, dapat melanjutkan program yang telah dicanangkan sebelumnya,” kata Ma’sum, melalui sambungan telepon, Senin 9 April 2018.

Dihubungi terpisah, Kepala Bidang Kristen Kanwil Kemenag Sulteng, Kaleb Toki’i mengaku siap mendukung kebijakan-kebijakan Kakanwil yang baru. Ia juga berharap, pimpinan yang baru tersebut dapat membawa perubahan ke arah yang lebih baik lagi ke depannya. “Kami juga berharap, agar Kakanwil yang baru tetap memprioritaskan kerukunan dan harmoni antarumat beragama di Sulteng, sebagaimana yang dilakukan oleh pejabat-pejabat sebelumnya,” pungkas Kaleb.

(abr/Palu Ekspres)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

BERITA POPULER

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!