553 CJH Sulteng Terancam Batal – Palu Ekspres
Palu

553 CJH Sulteng Terancam Batal

 

PALU,PE- Sebanyak 553 Calon Jamaah Haji (JCH) Sulteng dari total 1.403 sampai saat ini belum memperoleh visa.
Ini dapat mengancam nasib 553 CJH yang terancam tidak akan bisa menjalankan ibadah haji tahun ini.
Kepala Bidang (Kabid) Penyelenggara Haji dan Umroh Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Agama (Kemenag) Sulteng, Drs. Muslimin, M.Si, mengatakan pihaknya akan berupaya agar semua CJH dapat diberangkatkan.
“Secepatnya pengurusan visa para CJH besok, Jumat, 21 Agustus 2015 atau bertepatan dengan hari pertama CJH Sulteng kloter 1 masuk asrama,”ujarnya, Rabu, 19 Agustus 2015.
553 visa CJH tersebut lanjut Muslimin, sampai dengan berita ini dimuat masih berada di Kantor Kedutaan Besar (Kedubes) Arab Saudi di Jakarta. Mengingat kewenangan penerbitan visa CJH, berada di tangan Kedubes Arab Saudi sebagai lokasi CJH menunaikan rukun iman ke 5 ini.
“Alhamdulillah 1403 passport jamaah haji Sulteng sudah dikirim ke pusat dan semuanya sudah memiliki visa dan yang sudah dikembalikan itu sebanyak 850 dari 1403 visa. Insya Allah  satu atau dua hari ini akan menyusul sekitar 250 dan sisanya mungkin besok,”katanya.
Namun ia tidak menjelaskan, penyebab belum sampainya 553 visa CJH tersebut ke Kanwil Kemenag Sulteng yang beralamat di Jalan Moh Yamin, Palu.
“Kita harapkan ini sudah selesai dan bisa kita berikan kepada jamaah haji khusus untuk kloter 2 yang jumlah sebanyak 355. Kemudian sisanya akan diberikan kepada jamaah haji di kloter 3,4 dan 5,”ujarnya.
Seperti diketahui, Jumat, besok jamaah calon haji Sulteng dari kloter 2 mulai diasramakan  di asrama Haji Sulteng, Jalan WR Supratman.
Sehari kemudian disusul CJH  kloter 3 kemudian kloter 4 dan lima secara berturutan pada 25 dan 26 Agustus.
“Kami sudah bekerjasama dengan Dinas Perhubungan Sulteng untuk menyiapkan bus untuk mengantar mereka ke Bandara Mutiara Sis Al-Djufri. Setelah itu mereka akan berangkat menuju Balikpapan meneiki pesawat Lion Air. Setelah sampai di Balikpapan, jamaah haji akan beristirahat satu hari dan besoknya langsung berangkat ke Madinah kemungkinan dengan menaiki pesawaw garuda,”demikian katanya.
CJH Sulteng berasal dari 10 Kabupaten dan satu Kota dengan kuota terbanyak diberikan kepada Kota Palu sebesar 556 orang dan paling sedikit diberikan kepada Kabupaten Buol, hanya 19 CJH saja.(mg9)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

BERITA POPULER

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!