358 Calon Panwascam Ikut Ujian Tulis – Palu Ekspres
Daerah

358 Calon Panwascam Ikut Ujian Tulis

UJIAN TULIS - Jelang Pilkada Parimo, ratusan peserta calon Panwascam ikut ujian tulis di Gedung Auditorium Kantor Bupati, Rabu, (11/10/2017).FOTO : ASWADIN/PE.

PALU EKSPRES, PARIGI – Kurang lebih 358 orang peserta calon Pengawas Kecamatan (Panwascam) yang dinyatakan lulus berkas pada rekruitmen penerimaan calon Pengawas Kecamatan di Pilkada Parimo mengikuti Ujian tes tertulis yang di laksanakan oleh Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Provinsi Sulawesi Tengah di Gedung Auditorium Kantor Bupati Parimo Rabu, (11/10).

Kepala Sekretariat Bawaslu Provinsi Sulawesi Tengah Anayanthy Sovianita kepada sejumlah media mengatakan, ujian tes tertulis ini dilaksanakan secara serentak untuk kepentingan Pilkada, termasuk Kabupaten Morowali, Donggala, dan Kabupaten Parigi Moutong. Selain itu, termasuk tiga Kabupaten yang sebelumnya sudah terlanjur membuka pendaftaran, yakni Kabupaten Poso, Banggai dan Morowali.

“Insya Allah tujuh Kabupaten lagi menyusul setelah ini,” katanya.

Ketika ditanya soal apa upaya yang akan dilakukan oleh Bawaslu dalam mengantisipasi kerawanan dan kecurangan pada Pilkada nantinya. Ia mengatakan, mengenai hal itu ia tidak bisa menjelaskan secara detail karena posisinya sebagai Kepala Sekretariat hanya memfasilitasi.

“Karena komisioner tidak berada di tempat, tapi banyak hal yang akan kami persiapkan kemudian di rekruitmen ini, kami perioritaskan setiap Sekjen sudah diatur misalnya, menjadi tim A tentunya ada persyaratan- persyaratan khususnya bagi mereka yang punya pengalaman sebelumnya, kemudian mereka punya latar belakang kualifikasi pendidikan politik, hukum dan lain sebagainya,” jelasnya.

Lanjut dia, rekrutmen Panwascam Kabupaten Parigi Moutong ini setelah selesai mengikuti ujian tes ini, selanjutnya melakukan rekrutmen terhadap Pengawas Tempat Pemungutan Suara (TPS) satu orang setiap TPS, kemudian Pengawas Kelurahan dan Desa.

Sesuai aturan di Pilkada kata dia, Panwascam ini masa kerjanya selama sembilan bulan.” Nah, apakah nanti kemudian pada saat Pileg, Pilpres akan dilakukan rekruitmen kembali? nanti kita lihat lagi, sama juga halnya dengan Panwaslu Kabupaten,” ujarnya.

Ia berharap, dari tiga Kabupaten yang melaksanakan Pilkada ini, semua akan berjalan lancar sesuai dengan harapan. Apalagi kewenangan Bawaslu saat ini semakin besar dibanding tahun sebelumnya.

(mg4/Palu Ekspres)

BERITA POPULER

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!