271 CPNS Kanwil Hukum dan HAM Sulteng, Mengikuti Latsar – Palu Ekspres
Daerah

271 CPNS Kanwil Hukum dan HAM Sulteng, Mengikuti Latsar

LATSAR CPNS. Asisten Administrasi dan Organisasi ( Asisten III) Mulyono, mewakili Gubernur membuka Pelatihan Dasar CPNS Gol II dan III Lingkup Kanwil Hukum dan Ham Provinsi Sulteng,i Kantor BPSDM propinsi Sulteng Senin, 21 Mei 2018. //Humas Pemprov

PALUEKSPRES, PALU — Sebanyak 271 CPNS Golongan II dan III Lingkup Kanwil Hukum dan HAM Provinsi Sulteng, mengikuti latihan dasar di Kantor BPSDM propinsi Sulteng Senin, 21 Mei 2018. seluruh peserta bersama Mentornya nantinya akan berproses dan bersinergi selama kurang lebih 113 hari di BPSDMD Provinsi Sulawesi Tengah. Dimana selama 33 hari secara klasikal atau penanaman nilai – nilai dasar dan 80 hari non klasikal atau aktualisasi di tempat kerja selanjutnya.

Kakanwil Hukum dan HAM Sulteng, Juliasman Purba mengatakan bahwa penyelenggaraan latsar bagi CPNS ini bertujuan untuk membentuk PNS yang profesional sebagai pelayan masyarakat. PNS profesional dapat dibentuk dengan nilai-nilai dasar profesi. “Keberhasilan organisasi dapat ditentukan dengan kemampuan SDM yang handal dan profesional sehingga mampu menciptakan iklim birokrasi yang bermutu dan selalu mengedepankan kepentingan publik,” ujar Juliasman Purba pada kegiatan “Pembukaan Pelatihan Dasar CPNS Golongan II & III Lingkup Kanwil Sulawesi Tengah Kementerian Hukum Dan HAM Republik Indonesia” di Kantor BPSDM propinsi Sulteng Senin, 21 Mei 2018.

Juliasman Purba mengatakan pelaksanaan Lastar ini juga merupakan salah satu syarat pengangkatan CPNS menjadi PNS dan juga diharapkan nantinya peserta Lastar ini dapat membangun Integritas moralnya .

” Kejujurannya semangat dan motivasi dan karakter kepribadian sehingga dapat menjadi Aparatur yang Unggul dan bertanggungjawab serta dapat memperkuat rasa profesionalisme dan kompetensi sesuai dengan tuntutan dari UU Nomor 5 Tahun 2014 tentang ASN,” tandasnya.

Sementara itu, Asisten Adminstrasi dan Organisasi, Mulyono yang membacakan sambutan Gubernur Sulawesi Tengah menyampaikan bahwa kegiatan ini sejatinya telah dibuka lebih dahulu oleh Menteri Hukum dan HAM RI, Bapak Yasonna H. Laoly pada tanggal 25 April 2018.

Saat itu kegiatan dilaksanakan terpusat di Lapangan Upacara Kementerian Hukum dan HAM RI dan disiarkan serentak ke seluruh Kantor Wilayah Hukum dan HAM di Indonesia melalui Video Teleconference.

Dalam sambutannya Bapak Menteri menyampaikan tujuan Latsar CPNS Golongan II dan III Tahun 2018 adalah untuk membentuk PNS yang profesional dan berkarakter. Yang karakternya dibentuk oleh sikap dan perilaku disiplin, meresapi nilai – nilai dasar PNS dan memiliki pengetahuan tentang kedudukan dan peran PNS dalam NKRI. Serta menguasai bidang tugasnya sehingga mampu melaksanakan tugas dan fungsinya sebagai pelayan masyarakat secara profesional.

“Mengingat pelaksanaan Kegiatan Latsar CPNS ini merupakan hasil kerjasama antara BPSDM Hukum dan HAM RI dengan BPSDMD Provinsi Sulawesi Tengah, maka penting bagi kami untuk melanjutkan estafet dengan membuka secara seremonial di BPSDMD Provinsi Sulawesi Tengah dan meneruskan Tata Nilai Kemenkumham, yaitu : “Kami PASTI Berintegritas dan Hospitality dalam Pelayanan Publik”,” ujar Mulyono membacakan sambutan.

PASTI yang dimaksud adalah PROFESIONAL, AKUNTABEL, SINERGI, TRANSPARAN DAN INOVATIF. Sehingga kata Mulyono, pelaksanaan Pelatihan Dasar bagi CPNS Golongan II dan III ini merupakan salah satu upaya untuk membangun kompetesi bagi setiap peserta sebagai pelayan masyarakat yang profesional.

Di antaranya untuk menunjukkan sikap perilaku bela negara, mengaktualisasikan nilai – nilai dasar PNS dalam pelaksanaan tugas jabatannya; mengaktualisasikan kedudukan dan peran PNS dalam kerangka NKRI; dan menunjukkan peguasaan kompetesi teknis yang dibutuhkan sesuai bidang tugasnya.

Peningkatan kompetesi yang dimaksud diharapkan mampu memperkuat gerakan revolusi mental. Suatu gerakan seluruh rakyat Indonesia bersama pemerintah untuk memperbaiki karakter Bangsa menjadi Indonesia yang lebih baik. Revolusi mental bukanlah pilihan, tetapi suatu keharusan, agar bangsa kita bisa berdiri sejajar dengan bangsa-bangsa lain di dunia. Kita bisa membuat Indonesia menjadi lebih baik dengan memulai revolusi mental dari diri sendiri.

Untuk itu, diharapkan setelah mengikuti Pelatihan Dasar ini setiap peserta mampu membangun kompetesinya dan nantinya saat kembali ke bidang kerja masing – masing dapat mendukung gerakan revolusi mental terakhir.

Gubernur juga mengharapkan penyelenggaraan Latsar bagi CPNS Golongan II & III Kemenkumham Wilayah Sulteng ini sejalan dengan Peraturan Kepala LAN RI Nomor 24 Tahun 2017 Tentang Pedoman Penyelenggaraan Pelatihan Dasar CPNS Golongan II dan Peraturan Kepala LAN RI Nomor 25 Tahun 2017 Tentang Pedoman Penyelenggaraan Pelatihan Dasar CPNS Golongan III.

Sehingga saat kembali ke tempat kerja masing – masing seluruh peserta Latsar mampu mengimplementasikan Tata Nilai Dasar Kemenkumham dan mendukung Kemenkumham Wilayah Sulteng dengan melakukan pelayanan publik yang baik sehingga mampu mencapai Visi Kementerian Hukum dan HAM RI, yaitu “Masyarakat memperoleh kapastian hukum”.

(humas pemprov)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

BERITA POPULER

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!