145 Sekolah dan Madrasah di Sulteng Siap Gelar UNBK – Palu Ekspres
Pendidikan

145 Sekolah dan Madrasah di Sulteng Siap Gelar UNBK

PALU, PE – Sebanyak 145 sekolah dan madrasah yang ada di Sulteng, siap menggelar Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK), pada pelaksanaan UN tahun pelajaran 2016/2017 mendatang.

Data dari UPTD Penilaian Pendidikan, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Daerah Sulteng, menyebutkan, sebanyak 56 Sekolah Menengah Atas (SMA) dan Madrasah Aliyah (MA), serta sebanyak di 89 SMK di Sulteng, akan menggelar UNBK.

Namun, jumlah tersebut masih kalah dibandingkan jumlah sekolah yang masih melaksanakan Ujian Nasional Berbasis Kertas dan Pensil (UNKP), yang berjumlah 371 sekolah, terdiri dari 292 SMA/MA dan 79 SMK.

“Untuk SMK, memang jumlah yang melaksanakan UNBK lebih banyak dibandingkan UNKP. Bahkan, di Kota Palu, 100 persen SMK sudah menggelar UNBK,” sebut Kepala UPTD Penilaian Pendidikan Disdukbud Sulteng, Asrul Achmad, saat ditemui di ruang kerjanya, Senin 27 Februari 2017.

Asrul menjelaskan, sekolah-sekolah yang belum siap menggelar UNBK pada tahun ini, disebabkan oleh ketersediaan sarana dan prasarana yang masih terbatas.

“Alasan yang paling mendasar, disebabkan oleh faktor keterbatasan sarana dan prasarana, ada beberapa sekolah yang cukup kesulitan memenuhi syarat itu,” ujarnya.

Asrul juga menjelaskan, untuk mata pelajaran yang akan diujikan pada UNBK nantinya, tidak berbeda dengan yang akan diujikan pada UNKP. Hanya saja, menurut Asrul, efisiensi pelaksanaan UNBK dinilai lebih baik dibandingkan dengan UNKP.

“Dari segi efisiensi, lebih bagus UNBK, terutama dari sisi penghematan biaya, karena tidak lagi ada proses pencetakan-pencetakan naskah kertas, semua soalnya langsung dikirim pada hari pelaksanaan ujian melalui online,” jelas Asrul.

Ke depan, Asrul menambahkan, pihaknya akan terus berupaya, meningkatkan partisipasi sekolah dan madrasah di Sulteng, untuk ikut serta melaksanakan UNBK.

“Sesuai dengan program pemerintah, dalam hal ini Kemendikbud, kalau tidak ada perubahan, semua akan diarahkan pada pelaksanaan UNBK. Tahun depan, tentunya target kita harus ada peningkatan partisipasi sekolah yang mengikuti UNBK,” pungkas Asrul.

(mg01/Palu Ekspres)

Click to comment
To Top