12 Kursi di Dapil Tiga Diperebutkan – Laman 2 – Palu Ekspres
Palu

12 Kursi di Dapil Tiga Diperebutkan

UJI PUBLIK - Ketua KPU Palu Marwan P Angku memimpin langsung uji publik penataan Dapil dan alokasi kursi DPRD Palu pada Pemilu 2019, Sabtu 10 Februari 2018 di Hotel Santika Palu. foto HAMDI ANWAR/pe

Menurutnya, perhitungan alokasi kursi tersebut ditetapkan sesuai PKPU yang ada. Jika dalam perjalanannya nanti, terdapat ke tambahan jumlah Pemilih maka jal itu tidak akan memengaruhi jumlah kursi. “Ketambahan jumlah pemilih tetap akan diakomodir dalam daftar pemilih tetap. Tapi tidak memengaruhi,”jelasnya.

Ketambahan jumlah pemilih menurutnya sangat mungkin terjadi. Ini berasal dari Pemilih pemula yang pada April 2019 nanti menginjak usia 17 tahun. “Sebagai langkah antisipasi, bagi mereka yang pada 19 April 2019 masuk usia 17 tahun, itu akan dibuatkan surat keterangan. Sedangkan pindahan akan diakomodir dalam formulir pindahan,”sebutnya.

Ketua KPU Palu Marwan menambahkan pihaknya masih mengakomodir masukan masukan terkait perbaikan penataan Dapil . Namun itu hanya bisa terakomodir sebelum format penataan Dapil ditetapkan KPU RI.

“Saya kira Dapil sudah maksimal. Namun penentu akhir di KPU RI. Masukan tetap akan diakomodir. Tentu harus formal dengan kajian kajian. Masih terbuka sebelum tahapan ditutup sampai akhir Februari,”kata Marwan. Uji publik penataan Dapil dan alokasi kursi DPRD Palu sempat diwarnai pernyataan dari para akademisi. Umumnya mempertanyakan adanya ketambahan jumlah penduduk dalam data BPS.

Namun jumlah alokasi kursi masih tetap sama yaitu 35 kursi. Namun setelah mendapat penjelasan teknis, seluruh pihak yang hadir dalam uji publik menerima format tersebut.

(mdi/Palu Ekspres)

2 of 2Next

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

BERITA POPULER

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!