12 Jenis Makanan dan Minuman Pencegah Stroke – Palu Ekspres
Kesehatan

12 Jenis Makanan dan Minuman Pencegah Stroke

Ilustrasi

PALU EKSPRES, JAKARTA – Serangan stroke adalah salah satu penyebab tingginya angka kematian dan kelumpuhan di dunia. Wanita adalah pihak yang lebih rentan terserang stroke jika dibandingkan pria.

Untungnya, stroke sendiri adalah sebuah kondisi yang dapat dihindarkan, andaikan, mengikuti pola hidup tertentu seperti yang disarankan para pakar kesehatan yang ahli di bidangnya.

Menurut para peneliti dari Albert Einstein College of Medicine (AECM) di New York, Amerika Serikat, dengan mengkonsumsi makanan kaya akan kandungan potasium, dapat menurunkan resiko general stroke sebesar 12 persen dan ishemic stroke sebesar 16 persen. Manfat potasium ini juga akan lebih berkhasiat pada mereka yang tidak menderita hipertensi atau darah tinggi.

Mengapa potasium sangat krusial dalam pencegahan stroke, karena studi itu menemukan bahwa, mineral tersebut mampu menurunkan tekanan darah pada tubuh, menghindari pecahnya pembuluh darah, yang mana bertanggungjawab atas stroke.

“Menurut (studi) kami, khasiat dari potasium lebih mengarah pada efeknya terhadap darah tinggi,” kata epidemiolog dari AECM Sylvia Wassertheil-Smoller, Ph.D.

Agar terhindar dari resiko stroke, Wassertheil-Smoller menganjurkan setidaknya 4.700 mg potasium untuk diasip per harinya.

Berikut ini beberapa makanandan minuman kaya potasium yang patut hadir dalam menu harian Anda untuk menghindari potensi stroke:

1. Pisang
2. Jus jeruk
3. Yogurt
4. Kentang
5. Daging segar
6. Brokoli
7. Melon
8. Susu
9. Salmon
10. Kismis
11. Dada ayam
12. Tuna

Sumber: Huffington Post Australia

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

BERITA POPULER

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!